Home » pelajaran » Sejarah Software Spreadsheet

Sejarah Software Spreadsheet

Sejarah software spreadsheet bisa dirunut sejak tahun 1978 ketika Daniel Bricklin, seorang mahasiswa Harvard Bussiness School, membuat sebuah software yang dinamakan VisiCalc. Software tersebut sebenarnya untuk program akuntansi sederhana dan beberapa perhitungan interaktif yang mirip kalkulator. VisiCalc itu sendiri singkatan dari Visible Calculator.
Pada awalnya program ini hanya bisa menampung input data untuk 5 kolom dan 20 baris. Bandingkan dengan kemampuan Excel 2007 yang mampu menampung puluhan ribu baris!
          Pada tahun 1980-an, sejalan perkembangan teknologi hardware yang sangat pesat, dengan market leader waktu itu adalah IBM dengan prosesor intelnya, VisiCorp sebagai pembuat VisiCalc ternyata tidak bisa meresponsnya, bahkan kemudian pecah. Pada periode tersebut muncul program Lotus 123 dari Mitch Kapor yang sebenarnya adalah manajer produk VisiCalc.
          Lotus 123 yang diproduksi oleh Lotus Development Corporation terbukti menjadi salah satu program spreadsheet yang paling populer saat itu dan dipakai secara luas di seluruh dunia. Istilah ’123′ mengacu pada kemampuan software tersebut untuk menggambar diagram (grafik), plotting dan kemampuan aplikasi database.
          Pesaing Lotus 123 yang potensial muncul ketika pada tahun 1987 Microsoft Corporation mulai merilis software spreadsheet Microsoft Excel 2.0 for DOS, setelah pada tahun 1984 merilis Excel untuk komputer Apple Macintosh. Ketika Microsoft mulai memperkenalkan sistem operasi windows yang berbasis grafis sebagai pengganti sistem operasi DOS, Microsoft merilis Excel versi 3.0 yang mampu bersaing ketat dengan Lotus 123.
         Selain Excel, pesaing Lotus yang potensial adalah Quattro, yang dirilis oleh Borland International pada tahun 1987 dengan nama Quattro versi 1. Karena saat itu standar dunia spreadsheet adalah Lotus 123, Quattro juga mengikuti model Lotus 123 dalam tampilan dan fasilitasnya. Dengan munculnya sistem operasi Windows yang mulai menggeser sistem operasi DOS, Quattro mulai dirilis untuk penggunaan under windows, yaitu Quattro Pro for Windows versi 1, pada tahun 1992.
         Melihat kepopuleran windows, Lotus merilis versi terbaru pada tahun 1991 dengan nama Lotus 1.0 for Windows, dengan harapan pengguna Lotus tidak meninggalkan Lotus 123 dan beralih ke Excel. Perkembangan terus dilakukan hingga muncul Lotus ver 4.0 for Win di tahun 1993 dan Lotus ver 5.0 for Win tahun 1994. Namun demikian Lotus 123 semakin sulit menyaingi kepopuleran Microsoft Excel.
         Hal yang sama dialami Quattro, yang juga kesulitan untuk menembus dominasi Excel yang makin kuat. Pada tahun 1994 Borland menjual Quattro Pro kepada Novell, yang kemudian melepasnya kepada Corel (pembuat software CorelDRAW yang juga membeli software pengolah kata WordPerfect). Walaupun telah berganti pemilik dan mulai berkiblat pada model Excel (pada Quattro Pro versi 9 yang dirilis tahun 1999, Quattro mengikuti model Excel XP), Quattro tetap sulit bersaing dengan Excel.
        Pada tahun 1995 raksasa IBM memutuskan untuk membeli Lotus 123 yang sudah mulai tergeser popularitasnya oleh Excel dan mengalami persoalan intern perusahaan. Sejalan dengan populernya sistem operasi Windows yang telah terjual jutaan buah, Microsoft Excel juga menempatkan diri sebagai software spreadsheed terpopuler di dunia.dengan pengguna mencapai 30 juta orang lebih!
        Saat banyak pihak menggugat dominasi Windows yang sudah mengarah ke monopoli, muncullah sistem operasi Linux yang dapat di download secara gratis. Banyak program aplikasi yang kemudian ditawarkan secara gratis atau pada harga yang sangat murah. Salah satu program spreadsheet pesaing Excel pada segmen ini adalah program Cacl yang merupakan bagian dari program paket Open Office (pesaing dari Microsoft Office) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s