Home » pelajaran » printer inkjet

printer inkjet

CARA KERJA

Memanfaatkan teknologi printer inkjet pertama kali diperkenalkan di akhir 1980-an dan sejak itu telah mendapatkan popularitas banyak sementara tumbuh dalam kinerja dan menjatuhkan harga. Mereka adalah jenis yang paling umum printer komputer untuk konsumen umum karena biaya rendah, kualitas tinggi output, kemampuan mencetak dalam warna hidup, dan kemudahan penggunaan. Setiap printer yang bekerja pada teknologi inkjet tempat tetesan tinta yang sangat kecil pada kertas untuk membuat sebuah teks atau gambar.

Di pasar pribadi dan bisnis kecil komputer, printer inkjet saat ini mendominasi. Printer inkjet biasanya murah, tenang, cukup cepat, dan banyak model dapat menghasilkan output kualitas tinggi. Seperti kebanyakan teknologi modern, yang inkjet masa kini dibangun pada kemajuan yang dibuat oleh versi sebelumnya banyak. Di antara banyak kontributor, Epson, Hewlett-Packard dan Canon dapat mengklaim bagian substansial dari kredit untuk pengembangan teknologi inkjet modern. Di pasar konsumen di seluruh dunia, empat produsen account untuk sebagian besar printer inkjet penjualan: Canon, Hewlett-Packard, Epson, dan Lexmark.

Printer inkjet yang khas biasanya termasuk perakitan printhead inkjet, perakitan kertas pakan, power supply, sirkuit kontrol dan port antarmuka.

Majelis printhead inkjet mengandung beberapa komponen. Salah satunya adalah printhead yang merupakan inti dari printer inkjet dan berisi serangkaian nozel yang digunakan untuk tetes semprotan tinta. Komponen lain adalah printhead cartridge inkjet inkjet atau tangki. Bergantung pada pabrik dan model printer, tinta kartrid datang dalam berbagai kombinasi, seperti kartrid hitam dan warna yang terpisah, warna dan hitam dalam satu cartridge atau bahkan untuk setiap warna kartrid tinta. Kartrid dari beberapa printer inkjet meliputi mencetak kepala sendiri. The printhead bersama dengan kartrid inkjet / s dipindahkan bolak-balik di kertas dengan alat yang disebut motor stepper menggunakan sabuk khusus. Beberapa printer memiliki motor langkah tambahan untuk taman perakitan cetak kepala jika printer tidak digunakan yang berarti bahwa perakitan print head dibatasi dari sengaja bergerak. Majelis print head menggunakan stabilizer bar untuk memastikan bahwa gerakan adalah tepat dan dikendalikan.

Salah satu komponen kertas pakan perakitan adalah baki kertas atau / dan pengumpan kertas. Sebagian besar printer inkjet memiliki baki kertas yang terisi ke dalam. feeder yang biasanya terkunci terbuka pada sudut di bagian belakang printer, memungkinkan kertas yang akan ditempatkan di dalamnya. Feeders umumnya tidak memegang kertas sebanyak satu baki kertas tradisional. Satu set rol menarik kertas dari baki atau feeder dan memajukan kertas saat perakitan print head siap untuk lain lulus setelah kekuatan motor yang lain langkah giling untuk memindahkan kertas di selisih yang tepat diperlukan untuk memastikan gambar kontinu adalah dicetak.

Sementara printer sebelumnya sering kali mempunyai transformator eksternal, printer yang paling banyak terjual saat ini menggunakan power supply standar yang dimasukkan ke dalam printer itu sendiri.

Sebuah jumlah kecil namun canggih dari sirkuit dibangun ke dalam printer untuk mengendalikan semua aspek mekanik operasi, serta men-decode informasi yang dikirim ke printer dari komputer. Hal ini terhubung ke komputer dengan kabel melalui port interface. Port interface dapat berupa port paralel, port USB atau SCSI port. Port paralel masih digunakan oleh banyak printer, tapi kebanyakan printer baru menggunakan port USB. Sebuah beberapa printer terhubung menggunakan port serial atau interface komputer sistem kecil (SCSI) port.

Berbagai jenis printer inkjet ada berdasarkan metode yang mereka gunakan untuk memberikan tetesan tinta. Ada tiga teknologi inkjet utama saat ini digunakan oleh produsen printer. Teknologi gelembung panas yang digunakan oleh produsen seperti Canon dan Hewlett Packard sering disebut sebagai jet gelembung. Dalam sebuah printer inkjet thermal, resistor kecil membuat panas, dan panas ini menguap tinta untuk membuat gelembung. Seperti gelembung mengembang, beberapa tinta didorong dari sebuah nozzle ke kertas. Ketika gelembung runtuh, vakum dibuat. Hal ini menarik lebih banyak tinta cetak kepala dari cartridge. Sebuah cetak bubble jet kepala khas memiliki 300 atau 600 nozel kecil, dan mereka semua dapat tetesan api secara bersamaan. Thermal inkjet teknologi digunakan hampir secara eksklusif di pasar printer inkjet konsumen. Tinta yang digunakan biasanya berbasis air, berbasis pigmen atau dye-based tetapi mencetak kepala biasanya diproduksi dengan biaya kurang dari teknologi tinta lainnya jet.

Berbeda dengan teknologi jet gelembung, teknologi piezoelectric, dipatenkan oleh Epson, menggunakan kristal piezo. Kristal terletak di bagian belakang reservoir tinta dari nozzle masing-masing. kristal menerima muatan listrik kecil yang menyebabkannya bergetar. Ketika kristal bergetar ke dalam, hal ini memaksa sejumlah kecil tinta keluar dari mulut. Ketika bergetar keluar, menarik beberapa tinta lebih ke dalam reservoir untuk menggantikan tinta disemprotkan keluar.

Metode inkjet kontinyu digunakan secara komersial untuk menandai dan pengkodean produk dan paket. Paten pertama idenya adalah dari tahun 1867, oleh William Thomson. Model komersial pertama diperkenalkan pada tahun 1951 oleh Siemens. Dalam teknologi inkjet terus menerus, pompa bertekanan tinggi mengarahkan tinta cair dari reservoir melalui nozzle mikroskopis, membuat aliran terus-menerus tetesan tinta. Sebuah kristal piezoelektrik menyebabkan aliran cairan untuk memecah menjadi titik-titik pada interval teratur. Tetesan tinta yang dikenakan ke medan elektrostatik yang dibuat oleh elektrode pengisian formulir mereka. Lapangan tersebut bervariasi menurut tingkat drop defleksi yang diinginkan. Hal ini menghasilkan muatan, dikontrol variabel elektrostatik pada setiap tetesan. Dibebankan tetesan dipisahkan oleh satu atau lebih bermuatan “tetesan penjaga” untuk meminimalkan tolakan elektrostatik antara tetesan tetangga. Tetesan dibebankan ini lalu diarahkan (dibelokkan) untuk bahan reseptor yang akan dicetak dengan pelat defleksi elektrostatik, atau diizinkan untuk melanjutkan undeflected ke selokan koleksi untuk digunakan kembali. inkjet terus-menerus adalah salah satu teknologi inkjet tertua di gunakan dan cukup matang. Salah satu keuntungan adalah kecepatan sangat tinggi (~ 50 m / s) dari tetesan tinta, yang memungkinkan tinta tetes untuk dilempar jauh untuk target. Keuntungan lainnya adalah kebebasan dari penyumbatan nosel sebagai jet selalu digunakan

Ketika pencetakan dimulai, aplikasi perangkat lunak mengirimkan data yang akan dicetak ke printer driver yang menerjemahkan data ke dalam format yang printer dapat memahami dan memeriksa untuk melihat apakah printer sudah online dan tersedia untuk mencetak. Data dikirim oleh driver dari komputer ke printer melalui koneksi antarmuka. Printer menerima data dari komputer. Yang menyimpan sejumlah data dalam buffer. buffer tersebut dapat berkisar dari 512 KB random access memory (RAM) hingga 16 MB RAM, tergantung pada model printer. Buffer berguna karena mereka mengijinkan komputer untuk menyelesaikan proses pencetakan dengan cepat, daripada harus menunggu untuk mencetak halaman yang sebenarnya. Jika printer inkjet telah diam selama jangka waktu tertentu, biasanya akan melalui siklus pembersihan pendek untuk memastikan bahwa kepala cetak bersih. Setelah siklus pembersihan selesai, printer inkjet sudah siap untuk mulai mencetak. Mengaktifkan kontrol sirkuit motor stepper pakan kertas. Hal ini melibatkan giling, yang makan selembar kertas dari baki kertas / pengumpan ke dalam printer. Mekanisme kecil memicu dalam keranjang / feeder ditekan bila ada kertas di baki atau feeder. Jika tidak memicu depresi, lampu printer inkjet menaiki “Out of Paper” LED dan mengirimkan peringatan ke komputer. Setelah kertas dimasukkan ke dalam printer inkjet dan diposisikan pada awal halaman, print head stepper motor menggunakan ikat pinggang untuk memindahkan perakitan print head di halaman. Motor berhenti untuk fraksi sedikit saja dari setiap kali kedua kepala cetak titik semprotan tinta pada halaman dan kemudian bergerak sedikit sebelum berhenti kembali. Loncatan ini terjadi begitu cepat sehingga tampaknya seperti gerakan kontinyu. Beberapa titik yang dibuat pada setiap perhentian. Ini semprotan yang CMYK (Cyan / Magenta / kuning / hitam) warna dalam jumlah tepat untuk membuat warna dibayangkan lainnya. Pada akhir setiap melewati selesai, pakan kertas uang muka motor stepper kertas sepersekian inci. Tergantung pada model printer inkjet, mencetak kepala-reset ke sisi awal halaman, atau, dalam banyak kasus, cukup membalikkan arah dan mulai bergerak kembali melintasi halaman seperti sidik jari. Proses ini berlanjut sampai halaman dicetak. Waktu yang diperlukan untuk mencetak halaman dapat sangat bervariasi dari printer ke printer. Ini juga akan bervariasi berdasarkan pada kompleksitas dari halaman dan ukuran dari setiap gambar pada halaman. Setelah pencetakan selesai, kepala cetak yang diparkir. Feed kertas motor stepper berputar giling untuk menyelesaikan mendorong halaman selesai ke baki output. Sebagian besar printer inkjet tinta inkjet sekarang menggunakan yang sangat cepat-kering, sehingga Anda dapat langsung mengambil kertas itu tanpa smudging itu.

Dibandingkan dengan printer yang berorientasi-konsumen sebelumnya, printer inkjet memiliki sejumlah keunggulan. Mereka lebih tenang dalam operasi dari printer dot matrix dampak atau printer daisywheel. Mereka dapat mencetak lebih halus, rincian printhead mulus melalui resolusi yang lebih tinggi, dan banyak printer inkjet dengan pencetakan warna berkualitas photorealistic tersedia secara luas. Dibandingkan dengan teknologi yang lebih mahal seperti lilin panas, sublimasi pewarna, dan printer laser, printer inkjet memiliki keunggulan praktis tidak ada waktu pemanasan dan biaya lebih rendah per halaman (kecuali bila dibandingkan dengan printer laser).

Kelemahan dari printer inkjet termasuk kepala cetak tipis (rentan terhadap penyumbatan) dan kartrid inkjet mahal. Ini biasanya menyebabkan nilai-berpikiran konsumen untuk mempertimbangkan printer laser untuk aplikasi volume menengah ke tinggi printer. kelemahan lainnya termasuk perdarahan tinta, dimana tinta dilakukan ke samping jauh dari lokasi yang diinginkan oleh efek kapiler, hasilnya adalah penampilan berlumpur pada beberapa jenis kertas. Sebagian besar produsen printer inkjet juga menjual kertas tanah liat diperlakukan khusus dirancang untuk mengurangi perdarahan. Karena tinta yang digunakan dalam sebagian besar inkjet cartridges tinta dan tangki air-larut, perawatan harus diambil dengan cetak inkjet-dokumen untuk menghindari bahkan drop terkecil air, yang dapat menyebabkan berat “kabur” atau “berjalan.”

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s