Home » pelajaran » Kegunaan Formula-Formula pada Microsoft Excel

Kegunaan Formula-Formula pada Microsoft Excel

    1. AND
      • AND merupakan Logical Functions yang berfungsi untuk menge test beberapa argument(pernyataan). Apabila semua pernyataan yang kita masukkan dalam formula bernilai benar, makan hasil yang akan muncul adalah TRUE. Dan akan menghasilkan FALSE jika ada satu saja atau lebih pernyataan yang bernilai salah.
      • Syntax atau rumusnya =AND(Logical1,Logical2,…)
      • Rumus diawali dengan tanda sama dengan di ikuti AND terus kurung buka. Selanjutnya Logical1, Logical2 dan seterusnya itu bisa muat sampai 255. Itu kita isi pernyataan yang akan kita uji dan dipisahkan dengan koma.

Kembali ke Daftar Isi

    1. AVERAGE
      • AVERAGE akan menghasilkan rata-rata dari argument atau angka-angka yang kita masukkan
      • Syntax atau rumusnya =AVERAGE(Number1,Number2,…)
      • Rumus diawali dengan tanda sama dengan di ikuti AVERAGE terus kurung buka. Selanjutnya Number1 dan seterusnya itu bisa muat sampai 255. Itu kita isi dengan angka, cell atau range cell yang akan kita cari rata-ratanya dan dipisahkan dengan koma.

Kembali ke Daftar Isi

    1. CONCATENATE
      • CONCATENATE berfungsi untuk menggabungkan beberapa teks atau beberapa rangkaian teks menjadi satu rangkaian teks.
      • Syntax atau rumusnya =CONCATENATE(Text1,Text2,…)
      • Rumus diawali dengan tanda sama dengan di ikuti CONCATENATE terus kurung buka. Selanjutnya Text1 dan seterusnya itu bisa muat sampai 255. Itu kita isi dengan teks, rangkaian teks atau cell yang akan kita gabungkan dan dipisahkan dengan koma.

Kembali ke Daftar Isi

    1. COUNT
      • COUNT berfungsi untuk mengetahui berapa jumlah cell yang berisi angka dari range cell atau argumen yang kita masukkan dalam formula
      • Syntax atau rumusnya =COUNT(value1,value2,…)
      • Rumus diawali dengan tanda sama dengan di ikuti COUNT terus kurung buka. Selanjutnya value1 dan seterusnya itu bisa muat sampai 255. Itu kita isi dengan range cell atau argumen.

Kembali ke Daftar Isi

    1. COUNTIF
      • COUNTIF berfungsi untuk mengetahui berapa jumlah cell dari range cell atau argumen dengan kriteria tertentu.
      • Syntax atau rumusnya =COUNTIF(range,criteria)
      • Rumus diawali dengan tanda sama dengan di ikuti COUNTIF terus kurung buka. Selanjutnya range kita isi dengan range cell yang berisi kriteria yang akan kita cari jumlahnya. Sedangkan criteria merupakan kriteria tertentu yang akan kita cari jumlahnya ada berapa. Untuk melihat contoh penggunaannya silahkan dilihat di pembahasan tentang Validasi Mencegah Data yang Sama pada Microsoft Excel

Kembali ke Daftar Isi

    1. EDATE
      • EDATE termasuk fungsi tanggal pada Microsoft yang bisa kita manfaatkan untuk menambahkan atau mengurangi tanggal yang kita masukkan dalam formula dan akan menghasilkan tanggal yang sama pada bulan-bulan sebelumnya atau berikutnya
      • Syntax atau rumusnya =EDATE(start date,months)
      • Rumus diawali dengan tanda sama dengan di ikuti EDATE terus kurung buka. Selanjutnya start date kita isi tanggal yang kita tentukan,sesuai format tanggal yang benar atau merujuk pada cell tertentu. Terus tanda koma. Berlanjut ke months kita isi dengan berapa bulan yang akan kita tambahkan atau kita kurangkan.Gunakan tanda kurang(-) jika ingin hasilnya bulan bulan sebelumnya. Rumus ini akan menghasilkan tanggal yang sama, yang berubah adalah bulannya atau juga tahunnya jika sudah lebih dari satu tahun.

Kembali ke Daftar Isi

    1. EOMONTH
      • EOMONTH termasuk fungsi tanggal pada Microsoft yang bisa kita manfaatkan untuk menambahkan atau mengurangi tanggal yang kita masukkan dalam formula dan akan menghasilkan tanggal terakhir pada bulan-bulan sebelumnya atau berikutnya
      • Syntax atau rumusnya =EOMONTH(start date,months)
      • Rumus diawali dengan tanda sama dengan di ikuti EOMONTH terus kurung buka. Selanjutnya start date kita isi tanggal yang kita tentukan,sesuai format tanggal yang benar atau merujuk pada cell tertentu. Terus tanda koma. Berlanjut ke months kita isi dengan berapa bulan yang akan kita tambahkan atau kita kurangkan.Gunakan tanda kurang(-) jika ingin hasilnya bulan bulan sebelumnya. Rumus ini akan menghasilkan tanggal terakhir pada bulan bulan sebelumnya atau berikutnya sesuai jumlah bulan yang kita masukkan dalam rumus.

Kembali ke Daftar Isi

    1. IF
      • IF merupakan fungsi logika pada Microsoft Excel. Untuk melakukan test suatu pernyataan bernilai benar atau bernilai salah.
      • Syntax atau rumusnya =IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
      • Rumus di awali tanda sama dengan diikuti IF terus kurung buka.Selanjutnya logical_test kita isi pernyataan yang akan kita test, bisa berupa nilai pada suatu cell, bisa berupa formula.Selanjutnya kita masukkan value_if_true dan value_if_false. Hasilnya, jika pernyataan yang kita buat bernilai benar, maka value_if_true yang akan muncul dan jika pernyataan bernilai salah maka yang muncul value_if_false. Contoh penggunaan rumusnya silahkan di lihat pada pembahasan Contoh Penggunaan IF pada Microsof Excel

Kembali ke Daftar Isi

    1. MAX
      • MAX merupakan formula pada Microsoft Excel yang akan memperlihatkan nilai terbesar dari data angka yang kita masukkan dalam formula.
      • Syntax atau rumusnya =MAX(Number1,Number2,…)
      • Rumus di awali tanda sama dengan diikuti MAX terus kurung buka.Selanjutnya Number1 dan seterusnya itu bisa muat sampai 255. Itu kita isikan data yang berupa angka, bisa angka secara langsung,bisa cell atau range cell yang akan kita cari nilai terbesarnya dan dipisahkan dengan koma.

Kembali ke Daftar Isi

    1. MIN
      • MIN merupakan formula pada Microsoft Excel yang akan memperlihatkan nilai terkecil dari data angka yang kita masukkan dalam formula.
      • Syntax atau rumusnya =MIN(Number1,Number2,…)
      • Rumus di awali tanda sama dengan diikuti MIN terus kurung buka.Selanjutnya Number1 dan seterusnya itu bisa muat sampai 255. Itu kita isikan data yang berupa angka, bisa angka secara langsung,bisa cell atau range cell yang akan kita cari nilai terkecilnya dan dipisahkan dengan koma.

Kembali ke Daftar Isi

    1. NOW
      • NOW merupakan formula pada Microsoft Excel yang bisa kita manfaatkan untuk menampilkan waktu(jam,menit dan detik) pada waktu itu. Dengan fungsi NOW kita bisa menampilkan jam sesuai pengaturan jam di komputer. Pergerakan jam tidak terlihat tiap detiknya, ia akan terlihat tiap kali kita melakukan edit pada halaman itu.
      • Syntax atau rumusnya =NOW()
      • Rumus di awali tanda sama dengan diikuti NOW terus kurung buka dan kurung tutup.
      • Jika ingin menampilkan jam pada saat ini dan bersifat statis atau tidak akan berubah mengikuti perubahan jam maka cukup tekan saja Ctrl+Shift+;(Tekan Ctrl,Shift dan titik koma(;) secara bersamaan)

Kembali ke Daftar Isi

    1. OR
      • OR merupakan Logical Functions yang berfungsi untuk menge test beberapa argument(pernyataan). Apabila ada satu saja pernyataan yang bernilai benar, makan akan menghasilkan TRUE. Apabila semua pernyataan salah, maka akan muncul FALSE
      • Syntax atau rumusnya =OR(Logical1,Logical2,…)
      • Rumus diawali dengan tanda sama dengan di ikuti OR terus kurung buka. Selanjutnya Logical1, Logical2 dan seterusnya itu bisa muat sampai 255. Itu kita isi pernyataan yang akan kita uji dan dipisahkan dengan koma.

Kembali ke Daftar Isi

    1. SUM
      • SUM berfungsi untuk menjumlahkan angka. Angka disini bisa angka yang kita tuliskan secara langsung,maupun kita merujuk pada cell atau range cell tertentu.
      • Syntax atau Rumusnya adalah =SUM(Number1,Number2,…)
      • Rumus diawali dengan tanda sama dengan di ikuti SUM terus kurung buka. Selanjutnya Number1 dan seterusnya itu bisa muat sampai 255. Itu kita isi dengan angka, cell atau range cell yang akan kita jumlahkan dan dipisahkan dengan koma.
      • Untuk mengetahui contoh penggunaan fungsi SUM, silahkan ke halaman Contoh Penggunaan SUM Microsoft Excel 2007

Kembali ke Daftar Isi

    1. SUMIF
      • SUMIF berfungsi untuk menjumlahkan dengan kriteria tertentu. Sebagai contoh jika kita mempunya tabel yang berisi penjualan berbagai macam alat tulis. Sedangkan kita ingin menjumlah sesuai namanya masing-masing. Misalnya penjualan pulpen sendiri, penjualan buku sendiri dan seterusnya, maka fungsi SUMIF ini bisa kita manfaatkan
      • Syntax atau Rumusnya adalah =SUMIF(range,criteria,sum_range)
      • Rumus diawali dengan tanda sama dengan di ikuti SUMIF terus kurung buka. Selanjutnya range kita isi dengan range cell yang berisi nama-nama dari kriteria. Selanjutnya criteria kita isi dengan nama kriteria yang akan kita jumlahkan. Dan yang terakhir sum_range merupakan range cell yang berisi angka-angka yang akan dijumlahkan.

Kembali ke Daftar Isi

  1. TODAY
    • TODAY berfungsi untuk menampilkan tanggal pada saat itu sesuai tanggal di komputer. Tanggal akan terus bergerak mengikuti tanggal pada saat itu
    • Syntax atau Rumusnya adalah =TODAY()
    • Rumus diawali dengan tanda sama dengan di ikuti TODAY terus kurung buka diikuti kurung tutup.
    • Jika ingin menampilkan tanggal pada hari ini dan bersifat statis atau tidak akan berubah mengikuti perubahan tanggal cukup tekan Ctrl+;(Tekan Ctrl dan titik koma(;) secara bersamaan.

    sumber : http://sahabatpemula.blogspot.com/2012/12/formula-microsoft-excel.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s